TNI-POLRI

Babinsa Koramil Ketapang, Koptu Yusuf, Bantu Petani Banyusoka Atasi Krisis Air dengan Pompanisasi

Ketapang, 20 Mei 2024 – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0828/07 Ketapang, Koptu Yusuf, kembali menunjukkan dedikasinya kepada masyarakat dengan membantu kelompok tani (Poktan) dalam mengairi tanaman padi di Desa Banyusoka, Kecamatan Ketapang Sampang. Melalui program pompanisasi, Koptu Yusuf berupaya memastikan ketersediaan air bagi lahan pertanian di tengah musim tanam.Kegiatan pompanisasi yang dilakukan pada hari ini merupakan bagian dari upaya Babinsa dalam mendukung program ketahanan pangan yang dicanangkan oleh pemerintah. Dengan menggunakan pompa air, Koptu Yusuf bersama para petani setempat mengairi sawah yang membutuhkan pasokan air untuk menjaga pertumbuhan tanaman padi.

“Sebagai Babinsa, tugas kami tidak hanya menjaga keamanan, tetapi juga membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan, salah satunya melalui sektor pertanian. Pengairan ini penting untuk memastikan tanaman padi dapat tumbuh optimal dan menghasilkan panen yang baik,” ujar Koptu Yusuf.Kelompok tani Desa Banyusoka menyambut baik bantuan ini. Ketua Poktan, Bapak Sumarno, menyatakan bahwa kehadiran Babinsa sangat membantu meringankan beban petani, terutama dalam hal pengelolaan air yang kerap menjadi kendala di musim kemarau. “Kami sangat bersyukur dengan bantuan Koptu Yusuf. Pompanisasi ini sangat membantu kami dalam memastikan tanaman padi mendapatkan air yang cukup. Kami berharap kerjasama ini terus berlanjut untuk kebaikan bersama,” kata Sumarno.

Dengan kegiatan ini, diharapkan hasil panen padi di Desa Banyusoka akan meningkat, sehingga dapat mendukung ketahanan pangan di wilayah Ketapang. Kerjasama antara TNI dan masyarakat desa menjadi contoh nyata sinergi yang membawa manfaat besar bagi kemajuan pertanian dan kesejahteraan petani.

Baca Juga

Back to top button