TNI-POLRI

Babinsa Koramil Omben Serma Budi Menginspirasi Petani Desa Sogian dengan Penyuluhan Perawatan Padi yang Inovatif

Omben, 18 Mei 2024 – Dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian di wilayah Omben, Babinsa Koramil 0828/03 Omben, Serma Budi, mengadakan penyuluhan tentang perawatan tanaman padi kepada Kelompok Tani (Poktan) di Desa Sogian, Kecamatan Omben Sampang.Dalam penyuluhan ini, Serma Budi menjelaskan berbagai teknik perawatan padi yang efektif guna meningkatkan hasil panen. Beberapa poin penting yang disampaikan meliputi:Pengelolaan Air dan Irigasi: Serma Budi menekankan pentingnya pengaturan air yang baik untuk pertumbuhan padi, termasuk teknik irigasi yang efisien agar tanaman mendapatkan air yang cukup tanpa berlebihan.

Penggunaan Pupuk yang Tepat: Dalam sesi ini, para petani diberikan pengetahuan mengenai jenis-jenis pupuk yang cocok untuk tanaman padi serta cara aplikasi yang benar untuk mendapatkan hasil maksimal.Pengendalian Hama dan Penyakit: Serma Budi juga memberikan informasi mengenai cara-cara pengendalian hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman padi, termasuk penggunaan pestisida yang ramah lingkungan.Teknik Penyiangan: Penekanan pada pentingnya penyiangan yang tepat waktu dan teknik yang efisien untuk mengurangi persaingan antara gulma dan tanaman padi.Pemilihan Bibit Unggul: Penyuluhan ini juga mencakup informasi tentang pemilihan bibit unggul yang tahan terhadap hama dan penyakit serta memiliki produktivitas tinggi. Kegiatan penyuluhan ini direspon positif oleh para petani yang hadir. Mereka merasa mendapatkan pengetahuan baru yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen mereka. Salah satu petani, Bapak Surono, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Serma Budi dan pihak Koramil Omben atas kepedulian dan dukungan terhadap para petani di Desa Sogian.“Dengan pengetahuan yang kami dapatkan dari penyuluhan ini, kami berharap dapat menerapkannya di lahan pertanian kami dan melihat hasil yang lebih baik pada musim panen mendatang,” ujar Bapak Surono. Serma Budi berharap, melalui kegiatan penyuluhan ini, para petani dapat lebih termotivasi dan terampil dalam mengelola tanaman padi mereka, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat di Desa Sogian.

Kegiatan penyuluhan ini merupakan bagian dari program Koramil Omben dalam mendukung ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani di wilayah Kecamatan Omben. Koramil Omben berkomitmen untuk terus mendampingi dan memberikan bimbingan kepada para petani melalui berbagai program penyuluhan dan pelatihan di masa yang akan datang.

Baca Juga

Back to top button