TNI-POLRI

Pompanisasi Padi di Desa Daleman: Sinergi Babinsa dan Poktan Demi Ketahanan Pangan

Kedungdung, 19 Mei 2024 – Babinsa Koramil 0828/10 Kedungdung, Serma Karnoto, bersama dengan Kelompok Tani (Poktan) setempat melakukan kegiatan pengairan tanaman padi dengan menggunakan sistem pompanisasi di Desa Daleman, Kecamatan Kedungdung Sampang. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk memastikan ketersediaan air yang cukup bagi tanaman padi, terutama di musim kemarau yang kering.Sistem pompanisasi dipilih karena kemampuannya untuk mengalirkan air dari sumber yang lebih rendah ke area persawahan yang lebih tinggi, sehingga kebutuhan air tanaman padi dapat terpenuhi dengan optimal. Serma Karnoto menjelaskan, “Pengairan ini sangat penting untuk menjaga produktivitas tanaman padi, terutama saat musim kemarau. Dengan pompanisasi, kami bisa memastikan air tetap tersedia meskipun curah hujan berkurang.”

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat setempat yang turut serta dalam pengoperasian pompa dan pengaturan aliran air. Ketua Kelompok Tani Desa Daleman, Bapak Sutrisno, menyatakan, “Kami sangat berterima kasih kepada Babinsa dan Koramil Kedungdung atas bantuan dan dukungannya. Dengan adanya pompanisasi ini, kami merasa lebih tenang karena kebutuhan air untuk tanaman padi bisa terpenuhi.” Selain membantu pengairan, Serma Karnoto juga memberikan pendampingan dan bimbingan teknis kepada para petani tentang cara pengelolaan air yang efisien dan teknik budidaya padi yang baik. “Kami berharap dengan adanya pendampingan ini, para petani bisa lebih mandiri dan produktif dalam mengelola lahan pertaniannya,” tambah Serma Karnoto.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya TNI AD melalui Koramil Kedungdung dalam mendukung ketahanan pangan di wilayahnya. Diharapkan, dengan adanya kegiatan seperti ini, hasil panen padi di Desa Daleman dapat meningkat dan kesejahteraan petani semakin baik.

Baca Juga

Back to top button