TNI-POLRI

Kasdim Sampang Dampingi Aba Idi Kukuhkan Satlinmas se-Kecamatan Omben

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengukuhkan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se-Kecamatan Omben di halaman depan Graha Jokotole.Pengukuhan Satlinmas merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam memelihara ketertiban umum dan ketenteraman di lingkup desa supaya terwujud stabilitas dan kondusivitas kehidupan sosial di desa.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyebutkan keberadaan satlinmas menjadi semakin penting mengingat kerawanan sosial saat ini cukup tinggi karena telah memasuki tahun politik.

Kita mulai memasuki tahun politik, yakni menjelang pemilu 2024. maka, kita harus mampu mengantisipasi potensi kerawanan tersebut. Dengan keberadaan satlinmas ini, insya Allah kita merespons potensi tersebut dengan baik, “ungkapnya.

Ia berharap satlinmas di desa tidak hanya berperan sebagai patroli malam (night watch) atau sekadar bertugas ketika terselenggara hajatan warga maupun event keramaian, melainkan juga berperan sebagai garda terdepan dalam penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat, terutama di musim pemilu.

“satuan ini diharapkan mampu berfungsi sebagai mitra strategis bagi aparat keamanan (TNI/Polri). oleh karena itu, keberadaannya harus dibina dan diberdayakan seoptimal mungkin, dan bahkan bisa membantu aparat penegak hukum, ” tegasnya.

Selain itu, pihaknya berpesan kepada Satlinmas yang baru saja dikukuhkan itu, dalam momen politik ini jangan sampai terprovokasi oleh pihak manapun. Satlinmas harus berada di garda terdepan dalam ketertiban dan keamanan masyarakat.

Untuk diketahui, acara tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Forkopimda Sampang, Kepala Perangkat Daerah se-Kabupaten Sampang, Kepala Desa dan PJ se-Kecamatan Omben, dan Satpol-PP Jawa Timur.

Baca Juga

Back to top button