BIROKRASIORGANISASITNI-POLRIUMUM

Kasdim 0828/Sampang Ikuti Apel Bersama Kasat Kamling di Polres Sampang

SAMPANG – Kasdim 0828/Sampang Mayor Inf A.Djailani bersama forkopimda kab. Sampang menghadiri Apel Bersama Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling) di Halaman Mapolres Sampang, Rabu (21/6/2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kapolres Sampang AKBP Siswantoro, S.I.K, Kasdim 0828/Sampang, Kasatpol PP Sampang, Jajaran PJU di lingkungan Polres Sampang.

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan kepada para pemenang lomba Satkamling di tingkat Kabupaten Sampang.

Kapolres Sampang AKBP Siswantoro, S.I.K menyampaikan bahwa, Apel yang kita laksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat Revitalisasi Satkamling.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa,” ujarnya.

Situasi kamtibmas yang kondusif menurutnya merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia.

“Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling,” jelasnya.Lebih lanjut, Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa, oleh karena itu kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

“Satkamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan optimal” tuturnya.

Berdasarkan data Satkamling yang telah divalidasi oleh Korbinmas Baharkam Polri pada awal tahun 2023, menunjukkan bahwa dari total 230.028 Pos Satkamling, hanya 60% yang aktif atau sebanyak 134.753 Pos Satkamling, sedangkan 95.275 Pos Satkamling dinyatakan tidak aktif.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button