TNI-POLRI

Inovasi Pengairan: Babinsa dan Kelompok Tani Desa Tambelangan Pacu Produktivitas Padi dengan Pompanisasi

Tambelangan – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0828/11 Tambelangan, Serda Aris, bekerja sama dengan Kelompok Tani (Poktan) setempat, melaksanakan kegiatan pengairan lahan padi dengan metode pompanisasi di Desa Tambelangan, Kecamatan Tambelangan Kab. Sampang.Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya mendukung ketahanan pangan dan membantu para petani mengatasi masalah kekurangan air di musim tanam. Pompanisasi merupakan solusi efektif dalam kondisi cuaca yang tidak menentu dan ketersediaan air yang terbatas, sehingga memastikan tanaman padi tetap mendapatkan suplai air yang cukup untuk pertumbuhannya.

Serda Aris, Babinsa Koramil Tambelangan, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab Babinsa untuk selalu hadir dan membantu masyarakat dalam segala bidang, termasuk pertanian. “Kehadiran kami di sini untuk memastikan para petani dapat menjalankan aktivitas mereka dengan lancar. Pengairan dengan pompa ini diharapkan bisa meningkatkan produktivitas lahan padi di Desa Tambelangan,” ujarnya. Kerja sama antara Babinsa dan Kelompok Tani ini mendapat apresiasi dari warga desa. Salah satu petani, Bapak Sumarno, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan dan perhatian yang diberikan. “Kami sangat terbantu dengan adanya pompanisasi ini. Dengan adanya air yang cukup, kami optimis hasil panen tahun ini akan lebih baik,” kata Sumarno.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam pemanfaatan teknologi sederhana namun efektif untuk pengairan lahan pertanian. Selain itu, sinergi antara TNI dan masyarakat dalam mendukung program ketahanan pangan nasional dapat terus terjalin dengan baik.

Baca Juga

Back to top button