TNI-POLRI

Babinsa Sreseh Bantu Nelayan Pembuatan Wadah Jemur Ikan Asin

Babinsa Koramil 0828/05 Sreseh Sertu Rubiyanto membantu warga pembuatan tempat wadah ikan kering untuk diolah menjadi ikan asin sebagai upaya dukungan dan motivasi warga agar terus melanjutkan geliat ekonominya.“Kegiatan ini sebagai bukti nyata Kami dalam mengeliatkan Home Industri Nelayan disamping memantapkan Kemanunggalan TNI – Rakyat dalam mewujudkan peningkatan taraf hidup masyarakat,” ungkap Babinsa.Ia melakukan giat tersebut membantu warga pesisir yang tengah menjemur hasil Laut untuk dijadikan ikan asin di pinggir pantai peninggal warga Desa Noreh, Kecamatan Sreseh, Sampang.

Di bawah sengatan teriknya matahari Babinsa 05 ini beriteraksi dua arah dengan warga dan nelayan sembari memberikan motivasi dan suntikan semangat. “Kehadiran Babinsa tentunya sangat membantu, sebab, manakala tangkapan ikan nelayan melimpah tidak semua habis terjual dan harus difermentasi dijadikan Ikan asin,” jelas Sertu Rubi.

Proses panjang inilah menggugah nawaitu Babinsa untuk membantu tahapan pengeringan yakni proses penjemuran. Sehingga bermuara terhadap penambahan pendapatan ekonomi keluarga bagi para warga binaan.Batuud Koramil Sreseh Pelda Imam mengatakan, melalui Babinsa pihaknya akan terus berperan aktif menggugah dan membantu UMKM yang ada di wilayah binaan.“Salah satu anggota kita membantu proses penjemuran ikan garam yang harapannya mampu meningkatkan kesejahteraan. Lewat Babinsa,” jelas Batuud.

Pihaknya menganjurkan kepada para nelayan agar menjaga kualitas dan pastikan terbebas dari bahan kimia agar memiliki harga jual yang tinggi bahkan bisa merambah di Pasaran. “Ikan asin termasuk komoditi primadona yang banyak dijadikan masyarakat sebagai usaha untuk menambah perekonomian, karena itu jika kualitasnya bagus, maka nilai jual juga pasti semakin meningkat”, ungkap Batuud Sreseh.

Baca Juga

Back to top button